DENAH RENCANA

Dalam membangun sebuah rumah tinggal atau gedung, denah adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
Perencanaan denah haruslah memperhatikan banyak hal. Biasanya owner/pemilik tidak bisa membayangkan bagaimana merencanakan denah yang baik. Untuk membantu memudahkan owner, diperlukan seorang perencana bangunan. Yang owner perlu perhatikan adalah kebutuhan akan ruang. Perencana akan membantu owner menata ruangan-ruang tersebut menjadi sebuah gedung yang nyaman, aman, dan menyenangkan.

Berikut ini adalah langkah yang perlu dilakukan ketika merencanakan sebuah rumah tinggal atau gedung :
  1. Langkah pertama adalah menentukan budget yang akan diinvestasikan untuk membangun rumah, ataupun gedung. Owner bisa menanyakan berapa harga membangun rumah atau gedung per luas bangunan. Sehingga dapat diperkirakan berapa luas bangunan yang akan dibangun. KECUALI memang owner mempunyai dana yang tidak terbatas, sehingga orientasinya adalah pencapaian kebutuhan owner untuk diwujudkan dalam sebuah perencanaan.
  2. Langkah kedua adalah membuat daftar kebutuhan ruangan. Misalkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang dapur, 1 ruang cuci, 1 ruang tamu, dll.
  3. Langkah ketiga adalah menata ruangan-ruangan yang dibutuhkan menjadi sebuah kesatuan bangunan. Penataan harus memperhatikan juga kaidah kenyamanan penghuninya. Misalkan untuk sebuah kamar yang ideal, ukuran kamar minimal adalah 3x3 m2. Bila kurang dari tersebut, maka akan mengurangi kenyamanan. Kamar mandi bisa kecil. Ukuran 1,5x1,75. Dan sebagainya. Yang mana ukuran-ukuran ruangan tersebut harus disesuaikan dengan ukuran tanah dan keinginan owner.
  4. Langkah keempat adalah memperhatikan kondisi lingkungan. Apakah ada bangunan di sekelilingnya, arah bangunan menghadap (sinar matahari ikut menentukan), level rencana bangunan, dll.
Dari penjelasan tersebut di atas, owner akan mempunyai gambaran singkat langkah awal untuk merencanakan bangunan yang diimpikan.
Perencanaan denah biasanya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama karena denah sangat menentukan kenyamanan owner.
Perencanaan denah yang baik akan membuat owner betah untuk menempati bangunan tersebut.







luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com