UITSET BOUWPLANK

Diambil dari bahasa Belanda yang kurang lebih artinya pengukuran dan pemberian tanda/patok bangunan. Bouwplank berfungsi sebagai penentu titik area kerja atau penentu area dimana bangunan akan didirikan.

Dalam tahap pekerjaan ini, kita menentukan ukuran dari bangunan berupa as bangunan dan level, serta posisi bangunan yang dikehendaki. Sehingga tahap inilah yang nantinya akan menentukan apakah posisi bangunan kita sudah sesuai dengan kehendak kita.

Bahan yang digunakan adalah : kayu usuk, balok papan, paku 2”, tali tampar kecil,cat, selang timbang.

Pemasangan patok tanda as bangunan harus bisa memenuhi beberapa syarat :
  1. Harus kuat dan tidak mudah goyah, tidak berubah posisi pada saat pelaksanaan konstruksi. 
  2. As bangunan ditandai dengan menggunakan paku dan cat. 
  3. Sisi atas patok harus terletak satu bidang rata (horizontal) dengan papan bouwplank lainnya.Biasanya merupakan level ±0.00 bangunan untuk kemudahan pelaksanaan. 
  4. Letak kedudukan patok harus seragam (menghadap kedalam bangunan semua), berjarak cukup dari area galian, sehingga tidak terganggu pekerjaan galian. 
  5. Garis benang patok merupakan as bangunan. 
Adapun cara memasang bouwplank yang baik langkah-langkahnya sebagai berikut. Pertama yang harus dilakukan yaitu membuat tiang awalnya lebih dulu. Tiang ini diletakkan di setiap pojok bangunan. Ukuran ketinggiannya adalah sekitar setengah meter. Lalu masing-masing dari tiang ini dihubungkan dan disatukan dengan papan kayu yang dipasng sacara mendatar atau horizontal. Maka papan kayu dan tiang pancang ini akan membentuk suatu bidang atau ruang sesuai dengan besar ukuran bangunan yang dibuat. Dengan tali atau benang serta menggunakan alat ukur theodolit, titik-titik yang merupakan lokasi untuk pembuatan pondasi, dinding dan sebagainya bisa saling dihubungkan. Tali tersebut dibentangkan dari satu sisi papan kayu menuju sisi papan kayu yang ada di seberangnya. Inilah fungsi utama dari penggunaan kayu yang dipasang secara horizontal tersebut.

Untuk bagunan yang ukurannya lebih besar, jumlah tiang yang dipasang tidak hanya empat saja. Jumlah mengikuti kebutuhan sesuai denahnya.


CV.SENGKALING JAYA, 
085106621132
Villa bukit Sengkaling AF/11 Malang


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com